Contoh Surat Pribadi Tidak Resmi Lengkap

Contoh surat pribadi - pada tulisan sebelumnya, sudah admin jelaskan bahwa surat terbagi atas 2 yakni surat resmi dan tidak resmi. Dan pada postingan terdahulu pula sudah admin berikan banyak sekali contoh surat resmi yang bisa kalian lihat, dan pada artikel berikut admin ingin share sedikit contoh surat pribadi alias surat tidak resmi.

Surat pribadi adalah surat yang digunakan untuk kepentingan pribadi. Surat dapat berupa korespondensi antara sesama teman atau keluarga.
Adapun Ciri-ciri surat pribadi yang perlu kita ketahui adalah :

  • Tidak menggunakan kop surat
  • Tidak ada nomor surat
  • Salam pembuka dan penutup bervariasi
  • Penggunaan bahasa bebas, sesuai keinginan penulis
  • Format surat bebas

Untuk menulis surat pribadi sangatlah mudah karena kita diperbolehkan menggunakan bahasa tidak harus baku. Jadi, kita bisa lebih komunikatif ketika berkirim-kirim surat bersama dengan teman atau pun keluarga kita yang sedang jauh.

Penggunaan media surat melalui kertas mungkin sudah sangat jarang kita temukan, karena kecanggihan teknologi sudah mengubah semuanya. Kebanyakan orang saat ini lebih memilih untuk memanfaatkan media SMS untuk bisa berkomunikasi via teks.

Baiklah, langsung saja blog petang berikan kepada kamu semuanya contoh surat pribadi menarik dibawah ini.
contoh surat pribadi terbaru
Contoh Surat Pribadi Tidak Resmi

Surat Pribadi Untuk Teman

Jakarta, 25 Desember 2013
Teruntuk  Azria Husna 
Di tempat

Assalamualaikum Wr. Wb.

Halo Zia, apa kabar? Sudah lama kita tidak bertemu, ya. Semenjak lulus SD, tidak ada kesempatan lagi untuk bertemu. Fi, bagaimana keadaanmu di SMP Negeri 155? Apakah kamu senang bersekolah di sana? Ya, di sana banyak teman kita.

Alhamdullillah, aku di SMP Negeri 115. Aku amat senang! Walaupun hanya tiga orang dari sekolah kita yang berhasil masuk Smabel. Tapi, di sini aku banyak mendapat teman baru yang amat baik dan juga kakak-kakak kelas yang sayang pada adiknya. Apalagi dengan kakak-kakak OSIS dan MPK. Wah, aku kagum sekali dengan Alyssa Haula Syaqilla! Kalau kamu mau mendengar pengalaman ku selama di Smabel, kamu boleh menanyakannya kepadaku. Atau, main saja ke rumahku.

Ngomong-ngomong, aku sangat rindu pada SD kita  dan teman-teman kita waktu SD. Apakah ada acara pertemuan atau reuni angkatan 31? Kalau tidak ada, kita buat acara sendiri saja, yuk. Undang teman-teman kelas 6A. Mumpung bulan Juni nanti banyak waktu liburan. Oh, iya kak Kahlil angkatan 30 yang pintar itu mencalonkan diri sebagai ketua OSIS lho!
Sekian dulu, ya! Sampai jumpa!

Sahabatmu,

Afifah Wardah

Padang, 25 Desember 2013
Sahabatku Videlia Marfintina
Jalan Danau Kota 3
Kuala Lumpur,Malaysia


Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Halo Vide, apa kabar? Baik-baik saja kan? Aku dan keluargaku dalam keadaan sehat walafiat. Mudah –mudahan kamu dan sekeluarga dalam keadaan sehat juga.

Vide, gimana keadaan sekolah kamu yang sekarang? Udah dapat teman atau belum di KL? Aku harap kamu cepat beradaptasi ya di sana. Aku kangen banget sama kamu Vide. Udah 6 bulan kita nggak ketemu ya. Lumayan lama loh!

Vide, bulan depan kan udah libur tuh,  ada rencana keluar kota nggak? Kalau nggak, rencananya aku dan keluargaku ingin berkunjung  ke rumah paman ku di Setapak Indah. Setapak Indah kan nggak terlalu jauh dari Danau Kota, makanya aku ingin sekalian berkunjung ke rumah mu.  Sekalian aku juga pengen ngabisin waktu liburan bareng kamu.

Erm, sekian dulu surat dari ku ya . Aku sudah harus berangkat ke sekolah. Hehe. Kapan-kapan kita sambung lagi ya! Ku tunggu balasan surat mu.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Sahabatmu,


Naila Naisya

Baiklah, saya rasa diatas adalah cukup untuk contoh surat pribadinya. Sangatlah gampang untuk membuat surat pribadi karena didalamnya bisa saja berisikan kerinduan anda kepada seorang sahabat, atau keluarga anda. Mari belajar membuatnya ! :)

0 Response to "Contoh Surat Pribadi Tidak Resmi Lengkap"

Poskan Komentar

Kirimkan komentar Anda tentang artikel diatas.
Peringatan : Maaf, Komentar yang semata-mata dibuat hanya bertujuan untuk promosi dll akan kami hapus.